Pengertian Sejarah Secara Umum

Sebagian dari kita terkadang menganggap sejarah sebagai cerita masa lalu saja. Tetapi dibalik itu semua sejarah memiliki fungsi yang penting. Sebagai awalan, hendaknya harus dipahami terlebih dahulu mengenai pengertian sejarah secara umum.

 

Pengertian Sejarah Secara Umum

 

Pengertian Sejarah Secara Umum

Kata sejarah berasal dari bahasa Arab yang artinya pohon. Dalam bahasa Arab, kata sejarah disebut tarikh (خيرات). Adapun kata tarikh dalam bahasa Indonesia artinya waktu. Kata Sejarah lebih dekat pada bahasa Yunani yaitu historia yang berarti ilmu. Dalam bahasa Inggris berasal dari history, yakni masa lalu. Dalam bahasa Prancis historie, bahasa Italia storia, bahasa Jerman geschichte, yang berarti yang terjadi, dan bahasa Belanda dikenal gescheiedenis.

Beberapa arti secara harfiah dari beberapa Bahasa dapat menegaskan bahwa sejarah menyangkut waktu dan peristiwa. Oleh karena itu masalah waktu penting dalam memahami peristiwa, sejarawan cenderung mengatasi masalah ini dengan membuat periodisasi. Sejarah, babad, hikayat, riwayat, atau tambo dalam bahasa Indonesia dapat diartikan sebagai kejadian dan peristiwa yang benar-benar terjadi pada masa lalu atau silsilah, terutama bagi raja-raja.

Waktu dan peristiwa merupakan dua hal yang saling berkaitan dalam proses terbentuknya sejarah. Simak penjelasan berikut ini untuk mengetahui hubungan keduanya.

Pengertian Waktu

Hal pertama yang menyangkut sejarah ialah waktu. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), waktu adalah seluruh rangkaian saat ketika proses, perbuatan, atau keadaan berada atau berlangsung. Inilah yang menentukan kapan terjadinya sebuah peristiwa penting untuk kemudian dicatat sebagai sejarah.

Pengertian Peristiwa

Hal selanjutnya yang berhubungan dengan sejarah yakni peristiwa. Menurut KBBI, peristiwa adalah kejadian (hal, perkara, dan sebagainya); kejadian yang luar biasa (menarik perhatian dan sebagainya); yang benar-benar terjadi. Tentunya setiap kejadian ini terjadi di waktu-waktu yang telah dilewati (lampau).

Setelah menyimak kedua hal tersebut, akhirnya dapat ditarik sebuah kesimpulan antara hubungan peristiwa dan waktu. Hubungan tersebut adalah keterkaitan antara sebuah peristiwa yang memiliki waktu kejadiannya masing-masing. Dalam konteks sejarah, berarti peristiwa-peristiwa di dalamnya telah terjadi di masa lampau yang tercatat dengan media berbeda untuk diketahui oleh generasi setelahnya.

Beberapa penjelasan di atas dapat menyimpulkan pengertian sejarah secara umum, yaitu kejadian atau peristiwa yang terjadi di masa lampau yang disusun dengan berdasar pada peninggalan-peninggalan berbagai peristiwa dan dicatat sebagai sebuah arsip dengan berbagai macam media.  

Memahami pengertian sejarah, tentunya bisa dijadikan sebagai dasar dalam menelusuri kajian sejarah yang lebih mendalam.

Leave a Comment