Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli

Berdasarkan penjelasan sebelumnya, kita telah memahami mengenai pengertian sejarah secara umum. Begitu pula mengenai dua hal penting di dalamnya yang saling berkaitan, yakni waktu dan peristiwa. Selanjutnya, perlu diketahui bahwa banyak ahli sejarah yang mendefinisikannya dengan berbagai sudut pandang serta redaksi yang berbeda. Maka dari itu, simaklah beberapa pengertian sejarah menurut para ahli untuk dipahami bersama-sama.

Pengertian sejarah berikut ini dihimpun dari beberapa ahli sejarah dari latar belakang yang berbeda-beda. 

Pengertian Sejarah Menurut Sejarawan Internasional

  • Menurut J. Bank, bahwa sejarah adalah semua kejadian atau peristiwa masa lalu, yang bertujuan untuk memahami perilaku masa lalu, masa sekarang dan masa yang akan datang.
  • Menurut Robin Winks, bahwa sejarah adalah suatu pembelajaran tentang manusia dalam kehidupan masyarakat. Dalam hal ini Ia menitikberatkan pada subjek yang terlibat di dalamnya, yaitu manusia.
  • Menurut Costa, bahwa sejarah dapat diartikan sebagai “record of the whole human experience”. Berdasarkan pernyataan ini, Ia mengambil penuturan bahwa sejarah merupakan catatan seluruh pengalaman, baik secara individu maupun kolektif bangsa dimana masa lalu tentang kehidupan umat manusia.
  • Menurut E. H. Carr, bahwa sejarah adalah dialog yang tak pernah selesai antara masa sekarang dan masa lampau, suatu proses interaksi yang berkesinambungan antara sejarawan dan fakta-fakta yang dimilikinya.

Pengertian Sejarah (Sejarawan Indonesia)

pengertian sejarah menurut para ahli

  • Menurut Sartono Kartodirjo, bahwa sejarah adalah  gambaran masa lalu manusia dan sekitarnya sebagai makhluk sosial yang disusun secara ilmiah dan lengkap yang di dalamnya meliputi urutan fakta masa tersebut dengan tafsiran dan penjelasan segala peristiwa yang telah lalu. 
  • Menurut Taufik Abdullah, bahwa sejarah adalah rangkaian tindakan manusia yang terjadi dalam masa tertentu dan terjadi di tempat tertentu.
  • Menurut Moh. Yamin, bahwa sejarah adalah suatu ilmu pengetahuan yang disusun dan dirangkai dengan penyelidikan berdasarkan peristiwa yang terjadi yang dibuktikan dengan kenyataan.
  • Menurut Rochiati Wiriatmadja, bahwa sejarah adalah isiplin ilmu yang menjanjikan etika, moral, kebijaksanaan, nilai-nilai spiritual, dan kultural karena kajiannya yang bersifat memberikan pedoman kepada keseimbangan hidup, harmoni dalam nilai-nilai, keteladanan dalam keberhasilan dan kegagalan, dan cerminan pengalaman kolektif yang dapat menjadi kompas untuk kehidupan masa depan.

Setelah menyimak beberapa pengertian sejarah menurut para ahli, diharapkan dapat memberikan berbabagi sudut pandang dengan tetap mempertahankan makna dari sejarah. 

Leave a Comment