Pengertian Pandemi

Saat ini kondisi kehidupan secara global sedang tidak baik-baik saja. Terdapat sebuah musibah yang menimpa hampir seluruh wilayah internasional. Merebaknya wabah Coronavirus Disease 2019 (Covid-19), kini masyarakat mulai mengenal istilah yang terdapat dalam ilmu epidemiologi. Salah satu istilah yang kian sering terdengar dari berbagai media ialah pandemi. Maka dari itu, kini pengertian pandemi banyak dicari oleh masyarakat sebagai upaya untuk memahami arti dari istilah tersebut.

Epidemiologi adalah salah satu bagian dari pengetahuan Ilmu Kesehatan Masyarakat (Public Health) yang menekankan perhatiannya terhadap keberadaan penyakit serta berbagai masalah kesehatan lainnya dalam ruang lingkup masyarakat.

Pengertian Pandemi

Pandemi sendiri dapat diartikan sebagai wabah yang merebak dan menjangkit secara serempak di mana-mana dan meliputi daerah geografis yang luas. Pandemi juga dapat menjadi sebuah sebab terganggunya berbagai aktivitas manusia dalam ruang lingkup global.

Apa yang menyebabkan pandemi bisa terjadi?

 

Pengertian Pandemi

Setelah mengetahui pengertian pandemi, maka hal yang perlu diketahui yaitu faktor penyebab terjadinya pandemi. Tentunya banyak sebab yang mendasari terjadinya hal tersebut. 

Dilansir dari World Health Organization (WHO), pandemi terjadi dikarenakan setidaknya 3 faktor, diantaranya :

  • Munculnya penyakit baru pada populasi.

Pertama, akan muncul sebuah virus baru yang dapat menjangkit manusia. Asal virus ini bisa saja muncul dari hewan yang kemudian menjangkit ke manusia. Ini merupakan awal mula sebuah ancaman muncul yang dapat menjadi wabah global.

  • Agen menginfeksi manusia dan menyebabkan penyakit serius.

Ketika virus muncul dan menular diantara manusia, ini menjadi fase lanjutan akan datangnya ancaman pandemi yang dapat terus menyebar ke berbagai wilayah. Mudahnya penularan virus menjadikan tingkat populasi manusia yang terkena virus semakin tinggi.

  • Agen menyebar dengan mudah dan berkelanjutan di antara manusia

Penularan virus yang berlangsung secara cepat dan masif kemudian akan menjadi permasalahan global, hal inilah yang kemudian disebut dengan pandemi.

Setelah mengetahui pengertian pandemi, perlu diketahui juga bahwa pandemi menjadi sebab terganggunya berbagai aktivitas manusia secara global. Hal ini dikarenakan karakteristiknya yang sangat mudah menular sehingga memiliki resiko yang tinggi saat terjadinya interaksi sosial antar manusia. Berbagai kebijakan dari para pemegang kekuasaan di suatu wilayah akan bermunculan demi mengatasi pandemi.

Leave a Comment