Pengertian Norma, Fungsi dan Jenisnya

Pengertian Norma

Kehidupan manusia tentu tidak terlepas dari berbagai macam aturan yang berlaku. Semua ini dilakukan dalam mengatur tatanan kehidupan di dalam masyarakat. Tentunya memiliki tujuan agar setiap orang memiliki pemahaman mengenai hal yang boleh dilakukan dan yang tidak boleh dilakukan. Berbagai aturan baik tertulis maupun yang tidak tertulis disebut dengan norma. Pengertian norma adalah sebuah kaidah yang mengatur tata perilaku manusia dalam menjalani kehidupan bermasyarakat.

Berdasarkan definisi dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), norma memiliki arti sebagai aturan maupun ketentuan yang sifatnya mengikat suatu kelompok orang didalam masyarakat. Dimana norma diterapkan sebagai panduan, tatanan, dan juga pengendali tingkah laku yang sesuai.

 

Fungsi Norma

pengertian norma

Setelah mengetahui beberapa pengertian norma di atas, kemudian dapat dijabarkan beberapa fungsinya. Tidak lain, tujuan utamanya untuk mengatur tatanan kehidupan agar tidak melampaui batas yang tidak diperbolehkan dalam hal sikap dan perilaku antar sesama. Berikut ini beberapa fungsi norma, diantaranya : 

  1. Menciptakan keamanan dan ketertiban di dalam kehidupan.
  2. Mengaplikasikan nilai yang sesuai agar diterapkan di dalam kehidupan bermasyarakat.
  3. Mengatur segala macam kepentingan antar masyarakat agar tidak berbenturan satu sama lain.
  4. Mengatur segala macam batasan perilaku dalam bermasyarakat.
  5. Digunakan sebagai petunjuk maupun pedoman yang dapat digunakan untuk menjalani hidup di lingkungan masyarakat sebagai individu.

 

Jenis-jenis Norma

Norma juga memiliki jenisnya masing-masing. Beberapa jenis norma tersebut berhubungan dengan beberapa aspek kehidupan yang seringkali dijumpai dan telah menyatu dengan masyarakat. Berikut ini adalah jenis-jenis norma, diantaranya :

1. Norma Agama

Tatanan kehidupan secara global memiliki suatu aspek yang mengatur dan bersifat universal, yaitu agama. Setiap individu berhak menentukan keyakinannya masing-masing. Seperti halnya di Indonesia yang begitu erat dengan kaidah agama dalam kehidupan. 

2. Norma Hukum

Aturan-aturan yang berlaku seringkali dikaitkan dengan istilah hukum. Hukum memiliki macam dan jenisnya masing-masing. Keberadaan norma hukum menandakan berbagai macam aturan yang ada di dalamnya harus benar-benar dipahami dan ditaati serta bersifat mengikat.

3. Norma Kesopanan

Dimanapun seseorang tinggal, salah satu aspek penting yang harus dijaga adalah kesopanan. Maka dari itu, kesopanan termasuk ke dalam nilai-nilai penting yang harus dijaga oleh masyarakat.

4. Norma Kesusilaan

Selanjutnya ada yang dinamakan dengan norma kesusilaan. Norma ini mengatur bagaimana tindakan masyarakat terutama ke dalam perilaku antar individu. Norma ini mengajakan nilai moral yang ada pada individu dalam bersikap.

Leave a Comment