Pengertian Mobilitas Sosial Menurut Para Ahli

 

Mobilitas sosial berasal dari kata mobilis dan sosial. Mobilis berarti mudah dipindahkan atau banyak bergerak dari suatu tempat ke tempat lain sedangkan sosial dapat diartikan sebagai sekelompok orang atau individu. Maka pengertian mobilitas sosial secara singkat dapat dikatakan sebagai perubahan atau perpindahan status sosial seorang individu atau kelompok dalam suatu lingkungan masyarakat.

Pengertian Mobilitas Sosial Menurut Para Ahli

Berikut merupakan pengertian mobilitas sosial menurut para ahli agar mendapatkan pengertian mobilitas sosial secara jelas dan pasti:

Paul B. Horton berpendapat bahwa mobilitas sosial merupakan suatu perpindahan seorang individu dari kelas sosial tertentu ke kelas sosial lainnya atau dapat dikatakan juga gerak pindah dari suatu strata ke strata lainnya.

Anthony Giddens meyakini mobilitas sosial merujuk pada gerakan orang per orang dan kelompok ke berbagai kedudukan sosial ekonomi yang berbeda

Horton dan Hunt mendefinisikan mobilitas sosial sebagai tindakan perpindahan dari suatu kelas sosial ke kelas sosial lainnya.

Kimball Young dan Raymond W. Mack melihat mobilitas sebagai suatu gerakan dalam struktur sosial yang membentuk pola-pola tertentu yang mengatur organisasi suatu kelompok sosial. Struktur sosial melibatkan hubungan antar individu dalam kelompok dan hubungan antara individu dan kelompoknya.

Menurut Indera Ratna Irawati P. mobilitas sosial merupakan perubahan posisi sosial atau status sosial seseorang atau sebuah kelompok dalam lingkungan masyarakat.

William kornblum mengartikan mobilitas sosial sebagai perpindahan individu-individu, keluarga-keluarga atau kelompok sosial dari suatu lapisan sosial dalam masyarakat ke lapisan lainnya.

Michael S. Bassis mendefinisikan mobilitas sosial sebagai peningkatan atau penurunan ekonomi yang dapat merubah status sosial seseorang dalam masyarakat

Edward Ranssford meyakini mobilitas sosial sebagai perpindahan ke atas atau ke bawah dalam lingkungan sosial secara hierarkis.

Menurut Robert M.Z. Lawang mobilitas sosial adalah perpindahan posisi dari suatu lapisan ke lapisan lainnya atau dari suatu dimensi ke dimensi lainnya.

Soerjono Soekanto berpendapat, mobilitas sosial ialah suatu pergerakan dalam struktur sosial yang membentuk pola tertentu dan mengatur organisasi kelompok sosial.

 

Para ahli mendefinisikan mobilitas sosial menjadi berbagai macam pengertian, tetapi poin utama dari sepuluh definisi yang telah dipaparkan diatas adalah

Perubahan naik atau turun dalam strata sosial

Mobilitas sosial dapat dilakukan oleh individu maupun kelompok

 

 

Leave a Comment