Pengertian Mahasiswa

Pendidikan adalah salah satu aspek penting yang harus ditempuh oleh setiap manusia. Pendidikan mengajarkan berbagai macam ilmu pengetahuan hingga nilai-nilai positif lainnya. Salah satunya pendidikan di jenjang perkuliahan yang dijalani oleh para mahasiswa. Setiap tahun tentu diadakan penerimaan mahasiswa baru dari setiap kampus. Berangkat dari hal tersebut, tentunya perlu diketahui terlebih dahulu pengertian mahasiswa.

pengertian mahasiswa

Pengertian Mahasiswa

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), mahasiswa dapat didefinisikan sebagai orang yang belajar di perguruan tinggi. Jika dijabarkan lagi, maka dapat diartikan sebagai orang yang menempuh jenjang pendidikan tinggi dengan bidang spesifik yang dipelajari. 

Jenjang pendidikan tinggi ini juga terbagi lagi menjadi beberapa macam dan memiliki masa studi yang berbeda. Beberapa jenjang tersebut diantaranya jenjang Diploma, jenjang Sarjana, jenjang Magister dan jenjang Doktoral.

Apa saja peran seorang mahasiswa?

Setelah menyimak pengertian mahasiswa, mungkin akan terbesit di dalam pikiran mengenai perbedaannya dengan siswa. Siswa merupakan fase pendidikan sebelum menjadi mahasiswa, tentunya memiliki perbedaan juga dari peran dan fungsinya. Simak informasi mengenai  beberapa peran mahasiswa berikut ini.

  • Mahasiswa sebagai agent of change

Pertama, status mahasiswa seringkali dikaitkan dengan kemampuannya sebagai agen yang dapat memberikan perubahan positif bagi lingkungannya. Hal ini tentunya menjadikan mahasiswa memiliki tanggungjawab yang lebih besar daripada siswa.

  • Mahasiswa sebagai generasi penerus bangsa

Ungkapan ini merupakan implementasi dari berbagai macam bidang ilmu yang telah dipelajari oleh para mahasiswa. Kemudian berbagai kemampuan yang dimiliki tersebut diharapkan dapat memberikan andil dalam melanjutkan pembangunan negeri ini.

  • Mahasiswa sebagai pengontrol sosial

Mahasiswa akan sering berinteraksi secara vertikal, artinya berhak untuk memberikan saran dan masukkan terhadap pemangku kebijakan. Inilah yang menjadi poin penting keberadaan mahasiswa tatkala mendapati kebijakan yang kurang sesuai dengan kemaslahatan warga masyarakat di suatu negara.

  • Mahasiswa sebagai penjaga nilai-nilai dalam masyarakat

Proses menjadi mahasiswa yang berintegritas, tidak hanya pandai dalam memahami ilmu pengetahuan di bidangnya. Nilai-nilai positif dalam berperilaku juga menjadi poin penting untuk terus dijaga dan dicontohkan kepada masyarakat. Nilai-nilai luhur seperti gotong royong, bertanggungjawab, kejujuran, kedisiplinan dan sebagainya menjadi perilaku positif yang harus terus ditanamkan

  • Mahasiswa sebagai penjaga moral bangsa

Di masa modern seperti ini, kecanggihan tekologi membuat semakin mudah masuknya berbagai macam budaya dari luar. Fungsi mahasiswa dalam hal ini adalah menjaga moral bangsa agar dapat bijaksana dalam mengarungi perkembangan zaman.

 

Setelah menyimak mengenai pengertian dan peran mahasiswa di atas, apakah kamu sudah pantas dan layak disebut sebagai mahasiswa?

Leave a Comment