15 Pengertian Komunikasi Menurut Para Ahli

Komunikasi adalah hal yang tidak dapat terpisahkan dengan manusia sebagai makhluk sosial. Manusia berkomunikasi dengan manusia lain dengan berbagai tujuan baik hanya untuk mengobrol ringan, melakukan transaksi penjualan, kegiatan belajar mengajar di sekolah dan ribuan tujuan lainnya. Kata komunikasi pun sering kali disebut dalam kehidupan sehari-hari. Namun, apakah pengertian komunikasi yang sebenarnya?

4 Jenis Komunikasi - Ilmu Komunikasi-Program studi terbaik di Sumatera Utara

Komunikasi berasal dari bahasa latin yaitu communicare yang artinya menyampaikan. Secara sederhana komunikasi dapat diartikan sebagai pertukaran informasi dari pengirim yang menyampaikan pesan pada penerima pesan itu sendiri. Terdapat banyak ahli yang mendalami ilmu komunikasi dan berikut merupakan pengertian jelas komunikasi menurut 15 ahli:

1. KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

Komunikasi diartikan oleh KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) sebagai pengiriman dan penerimaan pesan atau berita diantara dua orang individu atau lebih agar pesan yang diberikan tersebut dapat dipahami oleh lawan bicara.

2. Havoland, Jains dan Kelly

Komunikasi adalah proses seseorang (komunikator) dalam menyampaikan stimulus yang biasanya berbentuk kata kata dengan tujuan untuk membuat orang lainnya melakukan perilaku tertentu.

3. Wibowo

Komunikasi merupakan kegiatan menyampaikan hal yang dipikirkan, konsep yang dimiliki serta keinginan seseorang yang ingin disampaikan pada orang lain.

4. Aristoteles

Komunikasi dapat didefinisikan sebagai usaha yang berfungsi bagi masyarakat sebagai alat untuk ikut serta berperan dalam demokrasi.

5. Prof. Drs. H. A. W. Widjaya

Prof. Drs. H. A. W. Widjaya menyakini definisi komunikasi sebagai hubungan kontak antar atau antara individu ataupun kelompok.

6. Shannon dan Weaver

Dalam bukunya A Mathematical Theory of Communication dijelaskan bahwa komunikasi ialah bentuk interaksi manusia yang bersifat memengaruhi satu sama lain baik secara sengaja maupun tidak sengaja.

7. Laswell

Komunikasi ialah suatu proses yang menggambarkan siapa mengatakan apa, dengan cara bagaimana, pada siapa hingga apa dampak setelahnya.

8. Carl I. Hovland

Komunikasi diyakini sebagai proses seorang individu (komunikator) untuk memberikan stimulan berbentuk lambang bahasa baik verbal maupun non verbal guna mengubah perilaku orang lain.

9. Edwin Emery

Komunikasi dilihat sebagai seni dalam menyampaikan informasi, ide dan sikap seorang individu atau kelompok pada pihak lain.

10. Delton E. MC Farland,

Komunikasi ialah proses interaksi antar sesama maunia yang memiliki arti.

11. William Albig

Komunikasi didefinisikan sebagai pelemparan pesan atau lambang yang akan menimbulkan pengaruh tertentu pada semua proses dan akan memengaruhi perilaku dan adat kebiasaan manusia.

12. Karlfried Knapp

Komunikasi dapat didefinisikan secara rinci sebagai interaksi antar pribadi dengan menggunakan sistem simbol linguistik berbentuk verbal maupun non-verbal. Sistem ini dapat dipraktekan secara tatap muka langsung maupun menggunakan media tertentu (tulisan, oral dan visual).

13. Theodorson dan Thedorson,

Komunikasi adalah kegiatan menyebarkan informasi dan ide sebagai sikap atau emosi seseorang pada orang lain dan dilakukan dengan menggunakan simbol simbol.

14. A. Winnet

Komunikasi dijabarkan sebagai proses pengalihan maksud dari sumber pada penerima. Proses tersebut adalah suatu seri aktivitas, tahapan atau rangkaian guna memudahkan pemindahan maksud pada orang lain.

15. Rogers dan D. Lawrence,

Komunikasi merupakan proses pertukaran informasi yang terjadi diantara dua orang atau lebih.

 

 

 

 

Leave a Comment