Pancasila : Pengertian, Butir-butir dan Lambangnya

Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) memiliki ideologi yang melekat, dikenal dengan Pancasila. Statusnya sebagai dasar negara Indonesia membuat pengetahuan mengenai hal tersebut menjadi salah satu kewajiban bagi setiap warga negaranya.

Oleh karena itu, pendidikan dasar mengenai dasar negara Indonesia sudah dilakukan sejak dini agar terus melekat pada setiap individu bangsa. Mulai dari pendidikan formal hingga pendidikan non formal semuanya disisipkan nilai-nilai tersebut.

Pengertian Pancasila

Sebelum membahas mengenai hal yang lebih mendalam, perlu diketahui terlebih dahulu mengenai pengertiannya. Pancasila adalah sebuah falsafah, pandangan hidup yang menjadi dasar isi jiwa bangsa Indonesia dalam menjalankan kehidupan berbangsa dan bernegara di NKRI.

Banyak pengertian lain yang berasal dari tokoh-tokoh pendiri bangsa Indonesia. Namun, secara umum menekankan pada sebuah pemahaman bahwa Pancasila merupakan pandangan hidup bangsa yang secara turun-temurun menjadi ciri identitas setelah bertahun-tahun dijajah oleh bangsa lain.

Butir-butir beserta Makna Setiap Lambangnya

pancasila

Perlu dipelajari selanjutnya mengenai butir-butir sila dalam Pancasila. Ada 5 sila yang harus dihafalkan dan dipahami beserta lambang dan maknanya. Simak informasinya berikut ini.

  1. Ketuhanan Yang Maha Esa

Sila pertama ini dilambangkan dengan bintang emas. Lambang ini mencerminkan bahwa bangsa Indonesia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa sesuaiĀ  dengan kepercayaan dan keyakinan masing-masing yang dianutnya.

  1. Kemanusiaan yang Adil dan Beradab

Sila kedua, dilambangkan dengan rantai. Rantai yang tidak terputus bermakna adanya hubungan yang erat antar individu bangsa dan sebagai cerminan bahwa generasi bangsa akan terus ada di NKRI.

  1. Persatuan Indonesia

Sila ketiga ini memiliki lambang pohon beringin. Hal ini menandakan adanya naungan dari negara Indonesia terhadap berbagai macam suku, budaya, agama dan keturunan yang berkumpul dan bersatu dalam tempat yang sama. Hal ini juga dapat diartikan bahwa Indonesia adalah tempat yang aman untuk berlindung.

  1. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmah kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan.

Sila keempat ini dilambangkan dengan kepala banteng. Hal ini bermakna banteng sebagai hewan sosial yang senang untuk berkumpul. Perumpamaan ini cocok dengan budaya orang Indonesia yang begitu ramah satu sama lain sehingga seringkali berkumpul, berdiskusi, membahas sesuatu dengan cara bermusyawarah dan mengambil keputusan dengan tegas.

  1. Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia

Sila kelima ini dilambangkan dengan padi dan kapas. Hal ini bermakna bahwa bangsa Indonesia berkecukupan untuk memenuhi kebutuhan pokok, yang dilambangkan dengan padi. Selain itu, kapas bermakna pakaian untuk setiap individu.

Itulah pengertian dan 5 poin Pancasila beserta lambang dan maknanya. Indonesia memiliki keanekaragaman suku, agama, ras dan keturunan. Namun, dasar negara Pancasila membuat semuanya bersatu padu.

Leave a Comment