Koperasi: Pengertian, Arti Logo, Prinsip dan Jenisnya

Koperasi adalah sebuah badan usaha yang bebeda dengan badan usaha jenis lain, di mana Koperasi dijalankan dari anggota, untuk anggota dan oleh anggota.

Koperasi berasal dari bahasa inggris yaitu cooperation yang artinya kerja sama. Sesuai dengan asal katanya, tujuan koperasi adalah untuk meningkatkan kesejahteraan anggota serta ikut membangun tatanan perekonomian nasional dalam rangka mewujudkan masyarakat yang maju, adil, dan makmur berlandaskan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945. Maka dari itu, dalam pergerakannya koperasi dilandasi oleh prinsip ekonomi rakyat dan asas kekeluargaan. Seluruh keuntungan yang didapat oleh Koperasi akan dikelola dan digunakan untuk kemajuan koperasi itu sendiri.

Pengertian Koperasi Menurut Ahli

Pengertian Koperasi menurut Undang Undang no 25 tahun 1992 adalah badan usaha yang beranggotakan orang-seorang atau badan hukum Koperasi dengan melandaskan kegiatannya berdasarkan prinsip Koperasi sekaligus sebagai gerakan ekonomi rakyat yang berdasar atas asas kekeluargaan.

International Labour Organization (ILO) menyatakan pengertian koperasi sebagai asosiasi yang beranggotakan orang yang memiliki keterbatasan sarana dan bergabung dalam koperasi dengan maksud mencapai tujuan ekonomi. Koperasi dijalankan secara demokratis, berkontribusi dalam bentuk modal usaha secara adil pada anggota dan menerima manfaat dan resiko usaha tersebut.

Sedangkan menurut Dr. Fay, koperasi merupakan perkumpulan orang atau kelompok badan hukum, dimana anggotanya memiliki kebebasan untuk masuk dan keluar, setiap anggotanya bekerja sama secara kekeluargaan sehingga menciptakan kesejahteraan bersama.

Bapak Koperasi Indonesia, Mohammad Hatta berpendapat, Koperasi merupakan usaha yang dimiliki bersama yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi yang dilandasi asas tolong menolong.

Logo Koperasi

Logo Koperasi Indonesia

 

Logo Koperasi Indonesia bergambar pohon beringin seperti gambar diatas merupakan logo pertama Koperasi Indonesia sejak 1947 sampai tahun 2012. Pada tahun 2012, berdasar Permen No. 02/Per/M.KUKM/IV/2012 logo koperasi diubah menjadi menjadi logo besutan Menteri Syarif Hasan dengan gambari teratai dan berwarna dominan hijau dengan tujuan untuk meningkatkan citra dan kepercayaan Koperasi Indonesia dimata masyarakat.

Namun, pada tahun 2015 perubahan tersebut dianulir dan logo Koperasi Indonesia diganti kembali menjadi logo bergambar pohon beringin yang dimaksudkan untuk mengingat kembali sejarah Koperasi Indonesia sebagaimana ditetapkannya logo tersebut pada kongres Koperasi Indonesia Pertama di Tasikmalaya pada tahun 1947.

Berikut merupakan arti lambang dan penjelasan logo Koperasi Indonesia bergambar pohon beringin menurut  No. 01/Per/M.KUKM/II/2015 tentang perubahan lambang/logo gerakan koperasi Indonesia:

  1. Rantai melambangkan persahabatan yang kokoh
  2. Roda bergigi menggambarkan upaya keras yang ditempuh secara terus menerus.
  3. Kapas dan Padi menggambarkan Kemakmuran rakyat yang diusahakan oleh koperasi.
  4. Timbangan melambangkan Keadilan sosial sebagai salah satu dasar koperasi.
  5. Bintang dalam perisai artinya Pancasila, merupakan landasan idiil koperasi.
  6. Pohon beringin menggambarkan sifat kemasyarakatan dan kepribadian Indonesia yang kokoh berakar.
  7. Koperasi Indonesia menandakan lambang kepribadian koperasi rakyat Indonesia.
  8. Warna Merah Putih menggambarkan sifat nasional Indonesia.

 

Prinsip Koperasi Indonesia

Dalam pelaksanaannya, Koperasi Indonesia memiliki prinsip yang dianut dan diatur dalam UU no 25 tahun 1992 tentang Perkoprasian, antara lain:

  1. keanggotaan bersifat sukarela dan terbuka;
  2. pengelolaan dilakukan secara demokratis;
  3. pembagian sisa hasil usaha dilakukan secara adil sebanding dengan besarnya jasa usaha masing-masing anggota;
  4. pemberian balas jasa yang terbatas terhadap modal;
  5. kemandirian.

Jenis koperasi berdasarkan keanggotaannya

Menurut UU no 24 tahun 1992, jika dilihat dari sisi keanggotaannya, koperasi dapat dibedakan menjadi koperasi primer dan koperasi sekunder. Koperasi primer adalah koperasi yang beranggotaan orang perseorangan. Sedangkan koperasi sekunder memiliki anggota sebuah organisasi atau sekelompok orang.

Referensi :

Republik Indonesia. 1992. Undang Undang no 25 tentang Perkoperasian.

Republik Indonesia. 2015. Peraturan Menteri no 274 tentang Perubahan Lambang/Logo Gerakan Koperasi Indonesia. Jakarta. Kementerian Koperasi Dan Usaha Kecil Dan Menengah Republik Indonesia.

 

Leave a Comment