Cuaca : Pengertian, Unsur dan Jenisnya

Pengertian Cuaca

Dinamika atmosfer yang terus berlansung akan meghasilkan berbagai macam fenomena di dalamnya, salah satunya adalah perubahan cuaca. Secara umum, pengertian cuaca adalah sebuah keadaan dimana terjadi perubahan curah hujan, suhu, angina dan sinar matahari. Proses ini terjadi secara universal di seluruh bagian bumi.

cuaca

Dilihat dari aspek durasi terjadinya, cuaca terbilang sempit karena dapat terjadi dalam waktu yang singakt. Selain itu, dilihat dari segi dampaknya memiliki jangkauan yang kecil dan pada umumnya mempengaruhi suatu daerah dengan ruang lingkup yang spesifik

Unsur-unsur Cuaca

Proses terjadinya perubahaan keadaan di atmosfer tidak terlepas dari beberapa unsur yang terlibat di dalamnya. Berbagai unsur tersebut memiliki kondisi dan karakteristik yang berbeda. Berikut ini beberapa unsur yang harus diketahui.

  1. Suhu

Temperature menjadi faktor pertama sebagai salah satu unsur dari cuaca. Hal ini dikarenakan perbedaan suhu akan mempengaruhi proses atmosfer di udara. Banyak hal yang menjadi penyebab perbedaan suhu, diantaranya perbedaan ketinggian suatu wilayah, perbedaan letak geografis sebuah wilayah dan kondisi awal di suatu tempat.

  1. Tekanan Udara

Tekanan udara menjadi yang kedua dalam unsur cuaca. Tekanan udara yang berbeda disebabkan perbedaan kerapatan molekul udara. Hal ini dapat disebabkan oleh banyak faktor, diantaranya adalah perbedaan ketinggian suatu tempat, pergerakan angina dan posisi matahari yang menyinari suatu wilayah.

  1. Kelembapan Udara

Unsur selanjutnya adalah kelembapan udara. Unsur ini merupakan suatu akumulasi uap air yang terkandung di dalam massa udara. Semakin tinggi kelembapan udara maka intensitas uap air akan semakin tinggi dan nantinya berpengaruh terhadap curah hujan yang turun di suatu daerah.

  1. Pergerakan Angin

Angina menjadi unsur yang tidak terlepas dari pengaruhnya terhadap kondisi atmosfer. Angin bergerak akibat adanya perbedaan tekanan di dua tempat yang berbeda. Prinsipnya, angina akan bergerak dari tekanan tinggi ke tekanan yang lebih rendah

  1. Curah Hujan

Selanjutnya adalah curah hujan, yaitu sebuah intensitas turunnya titik air di suatu daerah. Setiap daerah akan berbeda kondisinya. Banyak faktor yang mempengaruhinya, salah satunya adalah kelembapan udara dan uap air yang terkandung.

Jenis-jenis

Setelah mengetahui pengertian dan unsur-unsur cuaca, maka perlu diketahui beberapa jenis cuaca. Jenis cuaca dipengaruhi banyak faktor, yaitu unsur-unsur cuaca yang telah dibahasa sebelumnya. Simak informasi lengkapnya berikut ini.

  1. Cerah

Cerah berarti adanya penetrasi cahaya matahari yang menuju ke permukaan bumi. Biasanya terjadi ketika awan tidak menghalangi posisi suatu tempat. Kondisi suhu dalam kondisi ini tidak terasa panas maupun terasa dingin, namun kita tetap bisa merasakan pancaran sinar matahari.

  1. Panas

Cuaca yang panas cenderung akan merasakan gerah pada tubuh. Hal ini dikarenakan posisi matahari yang mulai mencapai puncaknya. Hal ini membuat suhu yang cenderung tinggi berada di wilayah yang terpapar panas matahari tersebut.

  1. Sejuk

Untuk jenis ini, ditandai dengan suhu yang relative rendah. Biasanya dipengaruhi oleh faktor massa udara di suatu daerah dengan kerapatan yang tinggi. Selain itu, posisi ketinggian wilayah turut mempengaruhinya.

  1. Berawan

Awan terbentuk dari adanya akumulasi massa air di massa udara. Hal ini akan membuat kepadatan awan yang berbeda tergantung intensitasnya. Selanjutnya, kondisi berawan kemungkinan besar lama-kelamaan berubah menjadi cuaca hujan ketika  kandungan massa air telah mencapai titik puncaknya.

  1. Berangin

Angin bergerak akibat adanya perbedaan tekanan, yaitu tekanan tinggi ke tekanan yang rendah. Apabila intensitas angin dan pergerakannya cukup cepat, bisa dikatakan sedang terjadi cuaca berangin. Biasanya kondisi suhu sekitar berfluktuasi dikarenakan saat perpindahan angina memiliki perbedaan suhu di dalamnya.

  1. Hujan

Proses penguapan yang terjadi akan mengakibatkan terjadinya hujan. Hal ini ditandai dengan adanya titik air yang jatuh ke bumi akibat adanya uap air yang terakumulasi dan akhirnya pecah di udara. Sumber penguapan yang terjadi berasal dari permukaan bumi, seperti laut, sungai dan danau.

 

Leave a Comment